Ayo Jadi Pendekar Puncak Hanya Dengan Jarimu!

Sobat  Hutan!

Yang setiap weekend suka liburan ke Kawasan Puncak, Bogor, pasti sudah tidak asing dengan berbagai tempat wisata maupun tempat berburu kuliner yang ada di Puncak. Di Puncak tidak hanya bisa berburu tempat wisata cantik dan kuliner menarik, tapi juga menikmati udara sejuk, air yang segar, dan juga pemandangan indah. Tapi tahu tidak sih, Sobat Hutan, kalau udara sejuk, air segar, dan pemandangan indah yang Sobat Hutan nikmati di Kawasan Puncak bisa tersedia karena Puncak masih punya hutan. Nah lho, kalau hilang bagaimana?

Kawasan Puncak juga memegang peranan vital bagi banyak daerah di bawahnya, karena seluruh daerah Puncak di Kabupaten Bogor merupakan hulu dari empat Daerah Aliran Sungai (DAS) besar, yaitu CIliwung, Cisadane, Kali Bekasi, juga Sungai Citarum. Nah, karena itu Hutan Kawasan Puncak sangat penting untuk dijaga kelestariannya. 

Tapi, hutan yang menjadi penjaga keberadaan air di hulu sungai-sungai tersebut terus mengalami kerusakan dan alih fungsi lahan tiap tahunnya. Dampaknya tidak hanya dirasakan oleh warga Bogor, tapi juga daerah-daerah di bawahnya juga, terutama Jakarta. Akumulasi kerusakan hutan dan lahan ini mengakibatkan bencana tanah longsor, banjir, juga kekeringan.

Untuk menanggulangi kerusakan hutan, serta berusaha mencegah dampak yang terjadi, pada tahun 2017 Forest Watch Indonesia bekerjasama dengan  lebih dari 50 petani hutan di dua desa di Puncak, yaitu Tugu Utara dan Tugu Selatan, menanam hingga 16 ribu tanaman untuk kembali memulihkan fungsi hutan Puncak. Gerakannya kami namai #SavePuncak dengan penggeraknya, para petani yang kami sebut Pendekar Save Puncak.

Pendekar Save Puncak

Tahun 2018, perjuangan kami mengalami stagnasi dan pada tahun 2020, mimpi buruk kami terjadi, ketika banjir bandang datang dan menghancurkan sebagian besar areal yang sudah kami tanam. Kami sadar, kami harus memperbesar skala perjuangan. Sekarang giliran Sobat Hutan menjadi Pendekar Save Puncak!

Kami percaya, masih ada harapan, dan harapan tersebut adalah kamu. Cukup dengan jarimu, kamu bisa ikut memulihkan hutan Puncak dengan menjadi Pendekar Save Puncak.Dengan donasi dari Sobat Hutan, kami percaya bersama kita bisa memulihkan hutan, menjaga keberadaan udara dan air bersih, serta tempat wisata yang aman dan indah untuk kita semua.

Ayo jadi Pendekar Save Puncak!

 

 

Thank you for your vote!
Post rating: 0 from 5 (according 0 votes)

Add Comment

Dapatkan berita terbaru melalui email

Good Forest Governance Needs Good Forest Information.

Using and sharing site content | RSS / Web Feeds

Photos and graphics © FWI or used with permission. Text available under a Creative Commons licence.

© Copyright 2020 FWI.
All Rights Reserved.

to top