4. Mitigasi Bencana
Pulau-pulau kecil merupakan salah satu wilayah yang sangat rentan akan bencana alam. Bahkan pulau kecil yang terpisah dari daratan utama (main Islands) sangat merasakan ancaman tersebut. Salah satu bencana yang jelas sangat mengancam kehidupan di pulau kecil ialah ancaman tsunami. Ancaman ini sangat terasa untuk pulau yang berlokasi di wilayah-wilayah laut lepas dan lokasi pertemuan lempengan bumi. Keberadaan hutan alam khususnya ekosistem mangrove merupakan benteng alami yang mampu melindungi kehidupan masyarakat dari ancaman bencana tersebut. Selain ekosistem mangrove, hutan alam yang ada di pulau-pulau kecil juga sangat berperan penting untuk menahan terpaan angin dan badai di lautan, terlebih pulau kecil yang berada pada gugus kepulauan dan laut lepas.

5. Menjaga Sistem Ekologi Pulau
Reforestasi hutan di pulau kecil akan jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan reforestasi hutan di pulau besar. Hutan alam di pulau kecil merupakan suatu ekosistem yang perkembangannya sangat lambat akibat pengaruh air laut dan kadar garam yang menghambat evaporasi dan transpirasi tumbuhan. Bahkan banyak dari pulau-pulau kecil yang terbentuk akibat adanya angkatan batuan karst, sehingga akan sangat membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan kembali keseimbangan ekosistem di pulau-pulau kecil. Keanekaragaman hayati di pulau kecil relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan pulau besar. Namun tingkat endemisitas di wilayah pulau-pulau kecil jauh lebih tinggi. Hal tersebut disebabkan pulau kecil merupakan suatu ekosistem yang terfragmentasi dari daratan utama dari segi biodiversity. Pulau-pulau kecil memiliki hubungan yang erat antara pulau satu dengan lainnya, khususnya di wilayah kepulauan. Rusaknya ekosistem disalah satu pulau akan berdampak terhadap pula-pulau lain. Salah satu contohnya ialah pulau yang di reklamasi atau di keruk daratannya akan berdampak terhadap arah aliran arus air laut di wilayah tersebut. Selain itu rusaknya ekosistem laut sekitar salah satu pulau, juga akan berpengaruh terhadap ketersedian sumberdaya laut di pulau-pulau lain (salah satu contoh ikan laut). Pulau-pulau kecil juga banyak digunakan oleh burung-burung migran yang menggunakan pulau tersebut sebagai tempat persinggahan. Rusaknya hutan di pulau kecil juga akan mempengaruhi jalur migrasi burung-burung migran yang selama ini singgah di pulau tersebut.

C. Pembelajaran dari dua Wilayah Kepulauan di Indonesia

Data mengenai keberadaan hutan alam di pulau-pulau kecil menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui seberapa besar peranan pemerintah khususnya Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan dalam menjamin kelestariaan sumberdaya hutan di pulau-pulau kecil. Penelusuran FWI membandingkan kondisi dua wilayah kepulauan yang memperlihatkan kondisi hutan alam di pulau-pulau kecil pada masing-masing wilayah.

Tabel 1. Perbandingan Kondisi Hutan Pulau-Pulau Kecil di dua Wilayah Kepulauan Indonesia
2wilkep

Add Comment

Dapatkan berita terbaru melalui email

Good Forest Governance Needs Good Forest Information.

Using and sharing site content | RSS / Web Feeds

Photos and graphics © FWI or used with permission. Text available under a Creative Commons licence.

© Copyright 2020 FWI.
All Rights Reserved.

to top