Menyelamatkan Hutan, Menyelamatkan Bumi”. Hutan adalah sumberdaya alam yang selama ini menyediakan sumber kehidupan. Hutan bukanlah sumberdaya alam yang harus di eksploitasi terus menerus. Tanpa hutan tidak ada binatang, tanpa hutan tidak ada air, tanpa hutan tidak ada oksigen, tanpa hutan tidak ada manusia.

Pemanasan global terus terjadi. Suhu permukaan bumi terus meningkat, es-es abadi terus menerus hilang, muka air laut terus mengancam tenggelamnya pulau-pulau kecil. Hutan yang menjadi tumpuan utamapun terus berkurang. Ibarat pepatah bijak suku Indian: “Ketika pohon terakhir ditebang, Ketika sungai terakhir dikosongkan, Ketika ikan terakhir ditangkap, barulah manusia akan menyadari bahwa dia tidak dapat memakan uang.”

Tahun 2013, Indonesia masih memiliki 82 juta Ha hutan alam yang tersebar di Nusantara. Hingga detik ini, puluhan juta hektar hutan alam yang ada di Nusantara terus di eksploitasi dan hilang akibat keserakahan manusia.

Majalah “INTIP HUTAN” edisi September ini akan menceritakan permasalahan-permasalahan yang terjadi di hutan Indonesia. Mulai dari tata kelola hutan, sungai, perubahan iklim, konservasi, gender, flora fauna, dan lain sebagainya.

Akhir kata, kami mengucapkan terikamasih kepada seluruh pembaca. Semoga dengan adanya media publikasi ini dapat terus menumbuhkan semangat kepedulian akan lingkungan khususnya dalam menjaga sumberdaya hutan.

Add Comment

Dapatkan berita terbaru melalui email

Good Forest Governance Needs Good Forest Information.
Using and sharing site content | RSS / Web Feeds

Photos and graphics © FWI or used with permission. Text available under a Creative Commons licence.

© Copyright 2020 FWI.
All Rights Reserved.

to top