INTIP HUTAN Edisi September – Desember 2015

Artikel 1

oleh: Mufti Fathul Barri (FWI/Forest Watch Indonesia)

Hutan di pulau-pulau kecil memang tidak menyumbang banyak dalam jumlah luasan hutan alam di Indonesia. Namun keberadaan hutan di pulau-pulau kecil tidak kalah penting dalam menjaga kedaulatan bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan.

Pulau_Kecil_Indonesia_Intip_Hutan_Sept-Des_2015

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 13.466 pulau. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Merujuk UndangUndang Nomor 27 Tahun 2007, suatu pulau yang memiliki luasan dibawah 2000 km persegi masuk dalam kategori pulau kecil. Berdasarkan regulasi tersebut,hampir 100 persen pulau masuk dalam kategori pulau kecil.

Hasil Penelusuran FWI memperlihatkan bahwa Indonesia memiliki daratan di pulau-pulau kecil yang luasnya mencapai 7 juta hektar, dan3,4 juta hektare(48 persen) diantaranya masih berupa hutan alam.Hutan alam di pulau-pulau kecil semakin terancam keberadaannya. Ancaman tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: 1)Eksploitasi sumberdaya alam; 2) sulitnya melakukan pengontrolan sumberdaya alam di pulau-pulau kecil; 3) Zonasi fungsi kawasan hutan yang tidak sesuai; dan 4) Naiknya permukaan air laut.

Eksploitasi sumberdaya alam di pulau-pulau kecil adalah ancaman paling tinggi. Karena memiliki risiko 20 kali lebih besar dibandingkan eksploitasi di pulau besar. Salah satu akibatnya dapat merusak bahkan menghilangkan hutan alam.

Add Comment

Dapatkan berita terbaru melalui email

Good Forest Governance Needs Good Forest Information.

Using and sharing site content | RSS / Web Feeds

Photos and graphics © FWI or used with permission. Text available under a Creative Commons licence.

© Copyright 2020 FWI.
All Rights Reserved.

to top