4. Kurangnya Perspektif Gender

Draf INDC yang disusun oleh Pemerintah Indonesia masih jauh dari konsiderasi dan perspektif gender, yang mana terlihat dari tidak diperhitungkannya perbedaan kebutuhan, peran dan prioritas dari perempuan dan laki-laki. Walaupun disebutkan di dalam bagian “Informasi untuk memberi kejelasan, transparansi dan pemahaman” mengenai “Perspektif Kelompok Rentan, termasuk Gender dan Komunitas Adat”, draf INDCs tidak mampu menunjukkan bagaimana pemerintah memperhitungkan serta mengakui perempuan sebagai salah satu pengambil keputusan utama ataupun mengintegrasikan perspektif gender tersebut ke dalam strategi yang dibangun.

Perspektif gender seharusnya dapat dituangkan dalam rupa strategi yang mendorong kebijakan atau langkah untuk memastikan akses, kapasitas dan kondisi pendukung untuk mencapai kesetaraan kotrol dalam hal pengambilan keputusan. Misalnya dengan melakukan peningkatan kapasitas untuk mengurangi ketidaksetaraan dan kesenjangan sosial antara perempuan dan laki- laki. Selain itu, perspektif gender harus-lah menghitung kerentanan perempuan sekaligus mengidentifikasi potensinya sebagai aktor atau agen perubahan yang efektif terkait mitigasi dan adaptasi perubahan iklim sebab perempuan memiliki pengetahuan dan keahlian yang kuat yang dapat digunakan dalam mitigasi perubahan iklim, strategi pengurangan bencana dan adaptasi.

Laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) ke-4 (2007) mencatat bahwa dampak perubahan iklim akan berbeda berdasarkan gender karena adanya perbedaan kapasitas, kesempatan, dan kerentanan antara laki-laki dan perempuan (Amy Lee, 2015). Oleh karenanya, upaya penanganan perubahan iklim secara netral gender akan memperkuat ketidak-adilan gender yang dialami perempuan akibat hambatan sosial, budaya, ekonomi dan politik yang membatasi kapasitas mereka untuk mengatasi perubahan iklim, antara lain akses yang tidak seimbang terhadap sumber daya dan proses pengambilan keputusan, serta keterbatasan mobilitas menempatkan perempuan pada posisi mereka dipengaruhi oleh perubahan iklim secara tidak proporsional..

Add Comment

Dapatkan berita terbaru melalui email

Good Forest Governance Needs Good Forest Information.

Using and sharing site content | RSS / Web Feeds

Photos and graphics © FWI or used with permission. Text available under a Creative Commons licence.

© Copyright 2020 FWI.
All Rights Reserved.

to top