Tugas Penting Bagi Presiden Indonesia, Joko Widodo

Rusaknya hutan di pulau kecil, tidak lepas dari kegiatan investasi berbasis lahan seperti HPH, HTI, perkebunan, dan pertambangan. Hasil penelusuran FWI di 6 provinsi yang banyak memiliki wilayah pulau-pulau kecil mencatat bahwa terdapat 2 konsesi HPH, 2 konsesi HTI, 4 konsesi perkebunan, dan 227 Konsesi pertambangan. Dari 235 konsesi yang ada menguasai wilayah seluas 673,661.96 Ha atau 18% dari luas total daratan pulau-pulau kecil di enam provinsi tersebut.

Sedikitnya perhatian dan aksi nyata dalam melindungi hutan di pulau-pulau kecil akan berdampak buruk bagi masyarakat. Rusaknya hutan alam di pulau-pulau kecil akan menghilangkan sumber kehidupan masyarakat. Bahkan tidak akan ada lagi kehidupan jika pulau-pulau kecil yang masyarakat tempati tenggelam. Relokasi masyarakat yang wilayahnya terancam bukanlah sebuah solusi. Perlindungan terhadap hutan di pulau-pulau kecil haruslah dilakukan sehingga tidak menghilangkan hak masyarakat akan sumberdaya alam. Catatan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menyebutkan bahwa terdapat 30 juta jiwa Masyarakat adat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Jumlah itu termasuk 10 juta jiwa masyarakat adat yang mendiami pulau-pulau kecil di Indonesia.

B. Fungsi Hutan Alam di Pulau-Pulau Kecil

Hutan alam di pulau-pulau kecil menjadi suatu bagian yang sangat penting dalam menjaga sistim ekologi di wilayah kepulauan. Selain menjaga sistim ekologi, hutan alam yang terdapat di pulau-pulau kecil juga sangat berperan penting dalam menjaga sistim penyangga kehidupan (livelihood) masyarakat yang berada di wilayah pesisir dan kepulauan. Keberadaan hutan di pulau-pulau kecil dirasa menjadi sangat penting bagi masyarkat. Adapun fungsi-fungsi yang secara nyata dirasakan karena adanya hutan di pulau-pulau kecil ialah sebagai berikut:

1. Menjaga Sistem Tata Air
Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa hutan sangat penting untuk menjaga sistem tata air di suatu wilayah. Namun pengetahuan tersebut tidak membuat semua orang sadar bahwa hutan yang ada di pulau-pulau kecil seharusnya patut mendapatkan perhatian lebih terkait perlindungannya. Keberadaan hutan alam di pulau-pulau kecil menjadi sangat penting jika di kaitkan dengan daerah tangkapan air wilayah tersebut. Daerah tangkapan air yang tidak luas sangat membutuhkan peranan hutan dalam menangkap keterbatasan air yang ada di pulau-pulau kecil. Resiko ancaman hilangnya sumber air akibat rusaknya hutan di pulau-pulau kecil jelas lebih tinggi jika dibandingkan dengan wilayah yang relatif memiliki daratan lebih luas.

2. Mencegah Intrusi Air Laut
Intrusi air laut merupakan salah satu ancaman besar terhadap kualitas air tawar yang selama ini menghidupi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Keberadaan hutan alam dan mangrove di pulau-pulau kecil merupakan suatu ekosistem penting yang mampu menahan laju intrusi air laut. Hutan alam di pulau kecil mampu menjaga ketersediaan air bawah tanah bahkan pada kondisi musim panas. Air bawah tanah yang terjaga akibat hutan di pulau kecil mampu menekan air laut agar tidak masuk ke daratan di pulau kecil.

3. Menjaga Sumber Ekonomi Masyarakat
Kebaradaan hutan di pulau kecil merupakan suatu ekosistem penting yang dapat menjaga dan meningkatkan sumber ekonomi masyarakat. Masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil sebagian besar adalah masyarakat pesisir yang sangat tergantung akan sumberdaya alam laut dan pesisir. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kelestarian wilayah pesisir dan laut juga sangat tergantung dari kondisi hutan yang terdapat di daratan suatu pulau. Berbeda halnya dengan pulau besar, kerusakan hutan di pulau kecil akan sangat terasa dampaknya terhadap kondisi lingkungan di pesisir dan lautan sekitarnya. Rusaknya hutan di pulau kecil akan membuat tingkat erosi semakin tinggi dan sangat berdampak buruk bagi ekosistem terumbu karang.



Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>