Tugas Penting Bagi Presiden Indonesia, Joko Widodo

Kondisi Krisis Ekosistem Hutan di Pulau-Pulau Kecil Indonesia

KOALISI PENYELAMATAN PULAU-PULAU KECIL INDONESIA

A. Pendahuluan

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki lebih dari 13.466 pulau. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Merujuk Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 mengenai kategori pulau kecil, dimana pulau yang memiliki luasan dibawah 2000 km persegi masuk dalam kategori pulau kecil. Berdasarkan regulasi yang ada, 80% atau sekitar 10.000 pulau-pulau di Indonesia masuk dalam kategori pulau kecil. Berikut adalah perbandingan jumlah antara pulau besar dan pulau kecil pada 6 (enam) provinsi di Indonesia (gambar 1.).

Gambar 1. Perbandingan Jumlah Pulau Besar dan Kecil di 6 Provinsi
bpk6prop

Hasil Penelusuran Forest Watch Indonesia (FWI) di 6 provinsi yang ada, melihat bahwa 14% atau 3,5 juta Ha daratan di 6 provinsi berada di pulau-pulau kecil. Bahkan di Provinsi Kepulauan Riau, 100% atau 900 ribu Ha daratannya merupakan bagian dari pulau-pulau kecil. Jumlah pulau-pulau diatas merupakan jumlah pulau yang mampu terekam dari penelusuran yang dilakukan FWI. Melihat kondisi yang ada, tentu akan terdapat lebih banyak lagi pulau-pulau kecil baik di 6 provinsi diatas maupun secara keseluruhan di Indonesia. Dengan status Negara Indonesia sebagai Negara Kepulauan, sudah sewajarnya konsep pembangunan bangsa Indonesia didasari dari kondisi geografis negara ini.

'' ) ); ?>


Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>