Status Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil di Nusa Tenggara Barat : Sudah Efektifkah Terkelola?

INTIP HUTAN Edisi September – Desember 2015

Artikel 8

Oleh Anggi Prayoga (Wildlife Conservation Society/WCS)

Pulau-pulau kecil di Nusa Tenggara Barat (NTB) secara keseluruhan terletak pada gugusan sunda kecil atau yang sering dikenal gugusan lesser sunda. Namun, sebelum jauh berbicara tentang kondisi dan efektivitas pengelolaan pulau-pulau kecil di NTB maka perlu mengenal status pengelolaannya, baik darat maupun perairannya.

Intip_hutan_sep-des_2015_Artikel8_gmb1Pulau-pulau kecil di NTB secara pengelolaan terbagi ke dalam 2 tipe, yaitu pulau-pulau kecil yang berstatus kawasan dan berstatus non kawasan. Pulau-pulau kecil yang berstatus kawasan berada dibawah 2 lembaga pengelola pemerintahan, yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tidak sedikit pulau-pulau kecil yang dikelola oleh 2 lembaga pemerintahan sekaligus karena perbedaan status pengelolaan pulaunya, pengelola daratan dan wilayah perairan.

Untuk mengukur efektivitas Pulau-pulau kecil yang berada dibawah pengelolaan KKP mengacu pada SK Dirjen KP3K Nomor 44 yang dituangkan dalam buku E-KKP3K (Efektivitas – Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil). Pengukuran tingkat efektivitas pengelolaannya didasarkan pada level-level pengelolaan, yaitu level merah (untuk kawasan konservasi yang masih dalam tahap inisiasi), level kuning (untuk kawasan konservasi dalam tahap didirikan), level hijau (untuk kawasan konservasi dalam tahap pengelolaan secara minimum), level biru (untuk kawasan konservasi yang dikelola secara optimum), dan level emas (bonus bagi kawasan konservasi yang sudah dikelola secara terintegrasi). Adapun pada pulau-pulau kecil yang berada dibawah pengelolaan KLHK belum ada acuan untuk mengukur tingkat efektivitas pengelolaanya.Tulisan ini akan membahas mengenai pengelolaan pulau-pulau kecil oleh KLHK pada panduan E-KKP3K.

'' ) ); ?>


Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>