Potret Hutan dan Masyarakat di Kepulauan Aru

Pulau-pulau kecil merupakan sebuah ekosistem yang memiliki tingkat keterancaman lebih tinggi dibandingkan pulau-pulau yang lebih besar. Fakta tersebut seakan dilupakan oleh publik dan pemerintah dalam membangun bangsa Indonesia. Kajian yang dilakukan Forest Watch Indonesia (FWI) dari tahun 2013-2014 di Pulau-pulau kecil Aru memperlihatkan bahwa hutan di daratanBahan_Web_7_Juli_20154 pulau-pulau kecil merupakan wilayah penyangga kehidupan yang sangat rentan akan gangguan. Baik oleh alam maupun ulah tangan manusia yang ingin mengeksploitasi sumberdaya alam yang terdapat di Kepulauan Aru. Keberadaan hutan di Pulau -pulau kecil menjadi suatu ekosistem yang sangat penting untuk dilindungi guna menopang kehidupan masyarakat. Tidak hanya masyarakat yang mendiami wilayah pulau kecil, namun juga seluruh masyarakat yang hidup dimuka bumi ini.

Bahan_Web_7_Juli_20156Kasus-kasus eksploitasi sumberdaya alam tidak hanya terjadi di Kepulauan Aru, namun juga di pulau-pulau kecil lain di Indonesia. Hasil kajian ini diharapapkan dapat menjadi refleksi semua kalangan untuk memperhatikan kelestarian hutan di pulau-pulau kecil. Kami menyadari bahwa masih banyak hal-hal lain yang belum terungkap dari kajian ini. Sehingga perlu perhatian banyak kalangan untuk menjaga kelestarian hutan di pulau-pulau kecil khususnya di Kepulauan Aru.

 

Bahan_Web_7_Juli_20157 Bahan_Web_7_Juli_20152
Bahan_Web_7_Juli_20155 Bahan_Web_7_Juli_20153

 
Versi Inggris dari Publikasi ini dapat dilihat pada tautan:
State of Forest and Community’s in Aru Islands, Maluku, Indonesia

'' ) ); ?>


Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>