Panduan Penilaian Kinerja dan Pengelolaan Hutan di Wilayah KPH versi 2.0

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karunia-Nya sehingga Panduan Penilaian Kinerja Pembangunan dan Pelaksanaan Pengelolaan Hutan di Wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) versi 2.0 ini dapat disusun dengan baik.

Panduan ini merupakan upaya penyempurnaan versi 1.0, berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh ketika melakukan uji coba penilaian pada 5 (lima) KPH Model. Harapan kami panduan versi 2.0 ini akan lebih operasional, ketika para pihak, terutama dari kalangan masyarakat sipil yang berkeinginan melakukan penilaian terhadap kinerja pembangunan KPH.

Kami menyadari bahwa penyusunan panduan ini tidak bisa dilepaskan dari sumbangsih pemikiran tim ahli, Bapak Hariadi Kartodihardjo (Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB), Bapak Hariyanto R. Putro (Dosen Fakultas Kehutanan IPB), dan Bapak Eno Suwarno (Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning), yang telah menyiapkan sebuah kerangka berpikir dan matriks penilaian sebagai dasar untuk penyusunan panduan sederhana ini. Tidak lupa kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Forclime-GIZ yang telah memberikan dukungan untuk mengawali penyusunan panduan ini, dan kepada The Asia Foundation untuk proses penyempurnaan menjadi panduan versi 2.0.

Panduan ini akan memaparkan sejumlah kriteria dan indikator penilaian terkait kinerja KPH, yang dibangun berdasarkan ruang lingkup tugas pokok dan fungsi organisasi KPH sebagaimana telah diatur di dalam peraturan perundang-undangan. Penyusunan panduan penilaian ini dimaksudkan untuk menyediakan instrumen (alat) bagi masyarakat, khususnya bagi organisasi-organisasi masyarakat sipil yang memiliki perhatian terhadap pembangunan KPH. Panduan ini dapat digunakan untuk menggali informasi dan menilai kinerja KPH sebagai unit pengelolaan hutan di tingkat tapak. Penilaian kinerja KPH ini akan menghasilkan kajian (analisis) kesenjangan (gap analysis) terhadap indikatorindikator kunci yang seharusnya dipenuhi oleh KPH dalam mengelola sumber daya hutan. Dengan proses penilaian seperti ini, diharapkan diperoleh masukan dari stakeholder untuk mendorong pembangunan dan operasionalisasi KPH dalam rangka pengelolaan hutan yang lebih profesional, adil, dan lestari.

Sebagai sebuah produk rintisan, disadari bahwa panduan ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, dengan tangan terbuka kami akan menerima saran dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak. Terlepas masih ditemukannya kekurangan, kami berharap penggunaan panduan ini dapat menghadirkan informasi bagi publik tentang kinerja operasionalisasi KPH di tingkat tapak, sebagai perwujudan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, dan profesionalitas dalam mengelola sumberdaya hutan negara yang menguasai hajat hidup orang banyak.

 

Download file PDF



Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>