Menambang di Kawasan Lindung

Intip Hutan Mei-Juli 2003

Untuk meramaikan ‘tahun investasi’ dalam rangka usaha memperbaiki perekonomian di Indonesia, pemerintah rela menjual seluruh kekayaan alam Indonesia dan mengorbankan sebagian besar rakyat Indonesia.

Bagaimana tidak? bayangkan saja hutan di Indonesia yang saat ini tinggal sekitar 98 juta hektar ( PKHI, FWI/GFW, 2002) digunakan sekitar 11,4 juta hektar untuk kepentingan pembukaan wilayah pertambangan. Bukan hanya itu, pemerintah dengan rela hanya mendapatkan royalti 1-4% dari pendapatan yang diperoleh dari sebuah industri penambangan dan sisanya mereka bawa ke negara asal investor. Sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi jika pemerintah benar-benar punya posisi kuat dalam ‘bernegosiasi’ dengan para investor pertambangan yang datang ke Indonesia untuk memberikan modal. Dan sudah seharusnya memang pemerintah memiliki kecerdasan dalam meramu kerjasama dengan investor supaya perekonomian Indonesia dapat membaik dengan tidak merusak ekosistem yang ada.

Unduh tulisan selengkapnya: Menambang di Kawasan Lindung

'' ) ); ?>


Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>