Kondisi Krisis Ekosistem Hutan di Pulau-Pulau Kecil Indonesia

Sedikitnya perhatian dan aksi nyata dalam melindungi hutan di pulau-pulau kecil akan berdampak buruk bagi masyarakat. Rusaknya hutan alam di pulau-pulau kecil akan menghilangkan sumber kehidupan masyarakat. Bahkan tidak akan ada lagi kehidupan jika pulau-pulau kecil tenggelam. Relokasi masyarakat yang wilayahnya terancam bukanlah sebuah solusi. Perlindungan terhadap hutan di pulau-pulau kecil haruslah dilakukan sehingga tidak menghilangkan hak masyarakat akan sumberdaya alam. Catatan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) menyebutkan bahwa terdapat 30 juta jiwa Masyarakat adat di wilayah pesisir dan pulaupulau kecil. Jumlah itu termasuk 10 juta jiwa masyarakat adat yang mendiami pulau-pulau kecil di Indonesia.

Dengan status Negara Indonesia sebagai Negara Kepulauan, sudah sewajarnya konsep pembangunan bangsa Indonesia didasari dari kondisi geografis negara ini. Gagasan Presiden Joko Widodo yang dikenal dengan nama NAWACITA salahsatunya bertujuan untuk mengembalikan Indonesia kepuncak kejayaan negara kepulauan sebagai bangsa maritim. Hal tersebut tentunya harus mampu memutar balik konsep pembangunan yang ada saat ini. Pembangunan yang di fokuskan pada pulau-pulau besar dinilai melupakan keberadaan pulau-pulau kecil yang ada. Efeknya pulaupulau kecil yang ada di Indonesia hanya dijadikan sebagai lumbung eksploitasi sumberdaya alam untuk kepentingan pembangunan di pulaupulau besar.

Intip_hutan_sep-des_2015_Artikel1_gmb2Salah satu yang patut diapresiasi dari konsep NAWACITA ialah wacana tentang membangun Indonesia dari pinggiran. Gagasan ini akan sangat terasa dampaknya di pulau-pulau kecil khususnya pulau-pulau terdepan bangsa Indonesia. Pemanfaatan sumberdaya alam dan pembangunan di pulau-pulau kecil tentu harus memperhatikan kelestarian sumberdaya alam suatu pulau. Maraknya eksploitasi di pulau-pulau kecil membuat banyak pulau-pulau kecil rusak bahkan tenggelam. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2011 menyebutkan bahwa 28 pulau kecil di Indonesia sudah tenggelam, dan 24 pulau kecil lain terancam tenggelam.
Fakta lain juga diungkapkan dari hasil kajian Maplecroft’s Climate Change Vulnerability Index (Indeks Dampak Perubahan Iklim) yang dirilis lembaga dunia, Maplecroft. Dalam laporannya disebutkan bahwa 1500 pulau di Indonesia akan tenggelam pada tahun 2050.

Penyebab utama dari tenggelamnya pulau pulau tersebut ialah karena adanya penambangan pasir dan abrasi pantai akibat naiknya permukaan air laut. Tidak adanya perhatian dalam pembangunan di wilayah pulau-pulau kecil mengakibatkan bermunculannya kegiatan-kegiatan eksploitasi illegal maupun legal yang dapat mengancam sistem ekologi di pulau kecil. Jika hutan alam di pulau pulau kecil hilang, maka sangat memungkinkan akan ada lebih dari 1500 pulau yang tenggelam pada tahun 2050.



Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>