KLHK Mengingkari Undang-undang Kehutanan dan Keterbukaan Informasi Publik

  • Dokumen yang FWI Mohonkan Penting Dibuka Kepada Publik
    • Sumber daya hutan adalah publik domain yang dikuasai negara, sehingga masyarakat perlu mengetahui setiap bentuk pemanfaatan maupun eksploitasi sumberdaya hutan.
    • Kebijakan pengelolaan sumber daya hutan tidak hanya teknis, namun ada juga hubungan dengan aspek ekonomi dan politis, sehingga kondisi seperti ini memungkinkan terjadinya kerugian negara bila tidak ada keterbukan . Ada tiga pertimbangan yang bisa memberi ruang terjadinya kerugian negara bila tidak adanya keterbukaan: 1) adanya diskresi, bahwa setiap pejabat dapat membuat keputusan-keputusan yang berada di luar peraturan; 2) adanya kewenangan yang besar yang bisa saja disalahgunakan oleh pejabat negara; 3) ketertutupan dalam merumuskan dan mengambil sebuah keputusan dan tidak melibatkan para pihak.
    • Dalam rangka mewujudkan tata kepemerintahan yang baik (good governance), keterlibatan masyarakat dalam merumuskan, melaksanakan, sampai dengan mengawasi pelaksanaan dari sebuah kebijakan publik menjadi suatu keharusan. Peran serta masyarakat ini tertuang di dalam salah satu tujuan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 3 ayat (1) yaitu menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik.
    • SVLK memberi ruang peran serta masyarakat dalam pengawasan hutan seperti yang diatur dalam UU No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, Bab VII pasal 60 ayat (2) bahwa: Masyarakat dan atau perorangan berperan serta dalam pengawasan kehutanan. Lebih lanjut pengaturan mengenai Peran Serta Masyarakat diatur dalam Bab X pasal 68 ayat (2), bahwa, ‚ÄúSelain hak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), masyarakat dapat: Mengetahui rencana peruntukan hutan, pemanfaatan hasil hutan, dan informasi kehutanan; Memberi informasi, saran serta pertimbangan dalam pembangunan kehutanan; dan Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan kehutanan baik langsung maupun tidak langsung.


Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>