Intip Hutan Juni 2004

Memberantas Penebangan Merusak bersama Kapal Layar Rainbow Warrior : Mungkinkah?
Siapa tak kenal Rainbow Warrior, kapal legendaris ini menjadi tersohor justru setelah di bom oleh agen rahasia Perancis di perairan New Zealand pada tahun 1985. Ketika itu Greenpeace sangat gencar menentang percobaan nuklir Perancis di perairan kepulauan Muroroa. Tragedi yang membawa korban nyawa satu orang fotografer itu justru menyebabkan nama kapal dan kampanye Greenpeace semakin dikenal di seluruh dunia.

Katastrofa Banjir Bahorok dan Persekongkolan Mengelabui Publik
Spanduk yang menggambarkan keputusasaan ini seperti tak berarti apa-apa ditenggelamkan ribuan spanduk lain pemilihan presiden di jalan-jalan kota Medan menuju kantor Gubernur Sumatera Utara. Kontras spanduk seperti mencerminkan tamsil bahwa nasib korban ini terlalu kecil dibandingkan dengan soal pemilihan presiden. Mungkin karena itu pula maka persoalan malapetaka banjir Bahorok tak terlalu serius ditangani oleh pihak-pihak yang semestinya bertanggungjawab.

Eksploitasi Hutan Jati dengan IPKTM
Desentralisasi ternyata tak menguntungkan bagi pelestarian hutan. Kebijakan ini lebih semata-mata hanya didasarkan atas pertimbangan emosional ketimbang masa depan masyarakat lokal yang lebih adil.

Pengukuhan Hutan dan Reforma Penguasaan Tanah
Eskalasi konflik atas tanah dan sumber daya alam lainnya semakin marak saat ini bukan hanya berakibat kekerasan fisik terhadap manusia akan tetapi juga kerusakan lingkungan. Ini hampir semua terjadi karena ketidak pastian penguasaan atas tanah, air dan sumber-sumber daya alam lainnya1, yang pada gilirannya memberikan ketidak pastian pengelolaan sumber daya agraria tersebut. Penyebabnya karena selama ini tidaklah diselesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kebijakan penguasaan atas sumber daya agraria tersebut karena politik ekonomi negara di masa yang lalu yang lebih banyak mengejar pertumbuhan dari pada menciptakan keadilan.

'' ) ); ?>


Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>