Intip Hutan-2019

Periode awal reformasi, permasalahan kehutanan hanya perihal deforestasi  dan kebakaran. Bertahun-tahun kemudian, terungkap maraknya  permasalahan kehutanan di Indonesia. Dan deforestasi maupun kebakaran  hanya dua dari beragamnya masalah kehutanan di Indonesia.  Sesungguhnya masalahnya pun bukan terletak di hutan atau di dalam  hutan, tapi dalam tata kelola kehutanannya. Di sana lah carut-marut  perizinan terletak, di sana lah tumpang-tindih penguasaan lahan ada, di  sana pula berkembang korupsi, kerusakan ekologis, dan penghilangan  budaya serta sumber ekonomi masyarakat.

Beragam tulisan yang terangkum dalam Intip Hutan tidak akan mampu  mengupas dan membeberkan satu persatu permasalahan tersebut.  Begitulah batas dari suatu majalah. Namun tulisan yang dihadirkan di sini,  walaupun secara acak, berusaha menyajikan masalah yang ada di hutan  kita. Dari tulisan-tulisan tersebut, semoga timbul pemikiran-pemikiraan dari  kawan-kawan pembaca sekalian untuk menyajikan cerita lain, dari sisi lain,  tentang hutan kita.

Selamat membaca!

 

 

Download Intip Hutan April 2019

 

Salam,
Pemimpin Redaksi
Amalya R.O.

 



Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>