Desa Pinggiran Hutan Jawa – Kerdil dibawah Pohon Raksasa Pengelolan Hutan

Intip Hutan Mei-Juli 2003

Layaknya Tuhan memberikan anak kepada orangtua, maka ia harus dilindungi, dicukupi kebutuhannya, dan disejahterakan oleh orang tuanya. Itulah hak orang tua sekaligus kewajibannya. Di Pulau Jawa terdapat sekitar 24.922 desa, anak-anak negara Indonesia. Hutan hanyalah salah satu dari kebutuhan pokok anak-anak ini, dan jumlahnya sekitar 6.324 desa –seperempat dari seluruh desa di Pulau Jawa. Kini sang orang tua memberikan hak perwalian untuk mengurusi kekayaan negara yang berupa hutan, mereka memberikan hak menuai bunga harta negara sekaligus menjalankan kewajiban utama untuk menjamin kesejahteraan anak-anak negara. Sang wali itu bernama Perhutani.

Ketika banjir dan tanah longsor terjadi, ada sejumlah sumber daya yang telah lapuk dan tak dirawat dengan baik, kemudian banyak pihak menyebutkan, hal ini karena turunnya kualitas hutan sebagai unsur penyeimbang alam di Jawa. Anak-anak yang menopangkan hidupnya kepada hutan yang kemudian ‘ketiban sampur’, disebut-sebut sebagai ‘biang perusak hutan’, yang mengambil manfaat dari hutan tanpa menimbang masa depan. Lalu muncul pertanyaan, sebenarnya bagaimana pihak Perhutani mengelola hutan di Jawa sampai-sampai masyarakatnya merusak hutannya sendiri? Niatnya sudah baik, konsepnya juga baik, tapi hutannya masih tetap rusak, lalu Perhutani itu wali macam apa?

Lebih dari enam ribu desa yang berinteraksi dengan hutan secara langsung, yang dari semula sudah menggantungkan hidup dari keberadaan hutan, yang mengandalkan jaminan kecukupan sumber daya dari hutan, sebelum ataupun sesudah Perhutani mendapatkan hak kelola hutan di seluruh Pulau Jawa. Jadi paling sedikit ada enam ribu desa yang harus disejahterakan Perhutani dengan sistem pengelolaannya atas hutan di Pulau Jawa, sebagai pengganti keuntungan berbentuk nilai interaksi hutan di tanah negara dengan masyarakat di sekitarnya yang sebelumnya sudah terjadi. Jika memang negara ini adalah milik rakyat (tentu saja!).

Unduh tulisan selengkapnya: Desa Pinggiran Hutan Jawa

'' ) ); ?>


Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>