Andi Juanda, Sang Pilot Drone

Intip Hutan Edisi Desember 2015

Sungguh momok menyeramkan untuk Indonesia. Kebakaran hutan yang terjadi tahun ini adalah peristiwa terhebat sepanjang 18 tahun silam. Kala itu Negeri ini sedang darurat asap! Kebakaran hutan yang melanda tahun ini merupakan peristiwa penting bagi para penggiat lingkungan mengaplikasikan teknologi drone dalam memantau hutan, tak terlewatkan FWI. Karena dengan drone kita mendapatkan rekaman kondisi hutan terkini, semisal rekaman asap tebal dari lahan gambut yang terbakar pada sebuah konsesi. Tentu adanya teknologi ini sangat membantu kita dalam memantau hutan dengan cakupan lebih luas dan efisien.

Drone tidak banyak berarti tanpa kehadiran pilot. Karena drone adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot. Dan FWI beruntung memiliki Andi Juanda sebagai sang pilot drone.

Sang pilot yang akrab di sapa Andi adalah pria kelahiran 25 Oktober 1990. Putra pertama dari empat bersaudara ini tumbuh dan besar di Karyasari. Sebuah kampung yang asri dan tenang yang berada di ujung barat Kabupaten Bogor. Kampung halaman yang kental dengan budaya sunda, menumbuhkan Andi sebagai sosok jajaka yang santun dan beradat.

Andi sudah cukup lama bergabung bersama Forest Watch Indonesia (FWI), sejak 2009 lalu. Di FWI, Andi fokus menggeluti bidang data dan informasi spasial. Maka dalam menunjang kegiatannya, drone dibutuhkan untuk verfikasi data di lapangan.

Andi mengawalinya dengan memainkan simulator drone. Setelah tekun berlatih simulator dan belajar materi, akhirnya dia memberanikan diri untuk memainkan drone sungguhan. Setelah beberapa kali latihan dan beberapa kali menghancurkan pesawat latih, kini Andi sudah dapat menerbangkan dan berhasil mendaratkan drone. Terbangkan dronenya kapten, pantau hutan lebih luas lagi!

'' ) ); ?>


Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>