Aktivitas Ekonomi Masyarakat Adat Kabupaten Kepulauan Aru

Pembangunan Wilayah Kepulauan Maluku direncanakan sebagai 1) produsen makanan laut dan lumbung ikan nasional; 2) Percepatan pembangunan perekonomian berbasis maritim (kelautan)melalui pengembangan industri berbasis komoditas perikanan; 3) Pengembangan industri pengolahan berbasis nikel, dan tembaga; 4) Pariwisata bahari. Pembangunan yang dilakukan terkait dengan pengembangan potensi ekonomi di kepulauan Maluku, pembangunan kawasan perbatasan yang menekankan pada konektivitas da system logistik nasional.

Komoditas ekonomi yang diupayakan dibagi menjadi tiga, yakni komoditas utama yang dilakukan sehari-hari oleh masyarakat dan menjadi andalan dalam pemenuhan kebutuhan harian, yakni ikan pelagis. Komoditas unggulan yang merupakan komoditas dengan produktivitas dan nilai proft tertinggi adalah ikan kerapu, sedangkan komoditas prospektif yang dapat dikembangkan dan menjanjikan adalah kerapu, dan untuk cadangan pangan kala paceklik adalah Kopra dan Sagu. Potensi yang dapat dikembangkan adalah wisata dan peternakan yang tentunya harus dibekali dengan pengetahuan danteknik yang cukup dalam pengelolaannya.

RTRW_25April2016Dari hasil analisis usaha, sektor perikanan memberikan sumbangan yang paling besar diantara mata pencaharian lainnya. Pendapatan terbesar didapat dari usaha penangkapan ikan dengan nilai sebesar Rp. 121.770.000 per tahun per tim. Satu tim biasanya terdiri dari 1-3 orang nelayan sehingga pendapatan per orang dalam satu tahun adalan ± Rp. 40.590.000 atau Rp. 3.328.500 per bulan. Berdasarkan konsumsi per kapita per bulan konsumsi masyarakat yang berada pada kisaran Rp. 650.000 – Rp. 750.000 untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. pendapatan masyarakat saat ini (dari sector perikanan laut) sudah cukup dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari dengan hanya mengandalkan satu jenis bidang usaha tersebut. Analisis tersebut merupakan analisis tunggal (dianggap bahwa masyarakat hanya memiliki satu bidang usaha). Pada kenyataannya, masyarakat memilik usaha yang beragam tiap tahunnya yang merupakan gabungan dari berbagai jenis usaha tersebut dengan waktu usaha tergantung musim, sehingga pendapatan masyarakat per tahunnya jauh lebih tinggi.

Penelitian ini menuntun kepada sejumlah hipotesis yang dapat menjadi rekomendasi untuk ditindaklanjuti menjadi penelitian lanjutan untuk membangun model pengembangan ekonomi masyarakat Kepulauan Aru berbasis pulau-pulau kecil. Menjawab pertanyaan dari hasil penelitian ini, dilahirkan rekomendasi sebagai berikut:



Download File

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>