Mendorong Pemerintahan yang Terbuka

Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

aaaa
Gambar 1. Suasana lokakarya peningkatan kapasitas kinerja PPID

Jaringan Tata Kelola Hutan (JTKH) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Lokakarya Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lingkup Provinsi dan Kabupaten Kalimantan Tengah. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 2014 di Palangkaraya yang ditujukan utuk PPID Utama dan PPID Pembantu di Provinsi dan Kabupaten Kalimantan Tengah.

Acara yang berlangsung selama sehari penuh, berhasil mengidentifikasi masalah yang selama ini menjadi kendala bagi kerja-kerja PPID. Selanjutnya, dari hasil identifikasi masalah tersebut, disusun beberapa rekomendasi guna perbaikan dan peningkatan kinerja PPID.

Tabel_3333

Rekomendasi dari hasil diskusi terfokus berada di seputaran kewenangan, pendanaan, peningkatan kapasitas, penambahan tenaga kerja, dan pembuatan website. Rekomendasi ini akhirnya yang menjadi oleh-oleh bagi peserta untuk di tindak lanjuti pada lembaga masing-masing.

Terselenggaranya lokakarya ini, diharapkan mampu memberikan inspirasi dalam mewujudkan tata kelola data dan informasi yang lebih baik di lingkup pemerintahan provinsi dan kabupaten Kalimantan Tengah. Sehingga pemerintahan yang terbuka dapat tercipta melalui kinerja PPID. –LR-

2 thoughts on “Mendorong Pemerintahan yang Terbuka

  1. yudhi on said:

    untuk administrator fwi:
    – bolehkah semua artikel publikasi diberikan sarana untuk berkomentar?
    – apakah website ini hanya bersifat 1 arah (hanya pihak fwi yang boleh posting)? tidak disediakankah sarana bagi publik untuk berpartisipasi menulis artikel publikasi?
    – artikel yang dipublikasikan kebanyakan hanya menyalahkan pemerintah sebagai pihak yang gagal melindungi hutan (dan memang itu benar!). Tetapi alangkah baiknya jika artikel publikasi yang dimuat juga mengajak dan membangun kesadaran masyarakat sipil dan para pengusaha di bidang kehutanan untuk menjaga kelestarian hutan sebab manfaat yang dapat diperoleh dari hutan yang lestari tidak dapat dinilai dengan apapun.

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>